Berita

IAIN FM Papua Gelar Ujian SPMB Mandiri

Jayapura – Panitia Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Jalur Mandiri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengadakan ujian berbasis komputer secara online melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE), 6 Agustus 2021.

Abubakar Siddiq, S.H.I memantau peserta ujian online

Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Fattahul Muluk Papua, Abubakar Siddiq, S.HI mengatakan, pelaksanaan ujian kali ini bisa diikuti oleh peserta melalui smartphone, personal computer, atau laptop. “Sebelumnya kami telah melakukan uji coba system melalui beberapa perangkat elektronik yang memadai sehingga tidak ada kendala system pada hari ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh tim TIPD dalam pelaksanaan ujian seleksi secara online ini. “Yang pertama, tim melakukan pengumpulan data mahasiswa mandiri yang mendaftar pada Subbagian Akademik,” paparnya. Kemudian, lanjutnya, tim membuat template ujian yang memuat nama dan foto peserta. Selain itu, panitia mengatur sesi dan jadwal ujian. “Untuk tahap selanjutnya, panitia menentukan komposisi soal sebanyak 75 butir soal,” terangnya. Lalu tahapan terakhir adalah pembuatan kartu ujian mandiri. “Dimana setelah proses generate selesai kemudian didistribusikan ke peserta masing-masing,” paparnya.

Abubakar menyampaikan, dengan pengalaman melakukan uji coba system ujian mandiri secara online, membuat panitia dapat melaksanakan ujian dengan lancar. Namun, kendala dialami oleh beberapa peserta yang berada di daerah terpencil. “Mereka mengalami gangguan signal yang timbul tenggelam, karenanya untuk beberapa peserta tersebut diberikan penambahan waktu,” imbuhnya.

Kabag Akademik Kemahasiswaan Abu Ode Sita, S.Ag, M.Si

Ditemui terpisah, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Fattahul Muluk Papua Abu Ode Sita, S.Ag, M.Si mengharapkan agar di masa pandemic ini peserta tetap memiliki semangat untuk mengikuti ujian. “Semoga semua peserta yang mengikuti ujian dapat menjawab semua soal-soal yang diberikan agar bisa lulus dan melanjutkan ke tahapan registrasi berikutnya,” ujarnya. Selain itu, ia berharap kelak semua peserta tidak lagi mengalami kendala jaringan internet.

Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan M. Irwan, S.T, M.M menyebutkan, sebanyak 139 peserta mengikuti ujian jalur mandiri SPMB IAIN Fattahul Muluk Papua. Para peserta berasal dari beberapa daerah di Papua, seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Serui, Nabire, Timika, Biak, dan dari Provinsi Maluku. Peserta mengerjakan 75 soal dengan waktu 90 menit. Soal terdiri dari bidang Tes Potensi Akademik berjumlah 20 soal, bidang Bahasa 20 soal, bidang Keislaman 25 soal, dan bidang IPS 10 soal.  Pelaksanaan ujian jalur mandiri ini dipantau langsung oleh panitia SPMB Pusat melalui virtual zoom.

Hasil kelulusan ujian jalur mandiri ini akan diumumkan sehari setelah pelaksanaan ujian selesai dan akan disampaikan secara online. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Berita ini sudah tayang sebelumnya di berita iainfmpapua.ac.id

Spread the love

One Reply to “IAIN FM Papua Gelar Ujian SPMB Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.